ORGANISASI PBB

Posted on

ORGANISASI PBB

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan tentang organisasi PBB, pada saat kita sekolah banyak sekali kita belajar tentang negara-negara yang ada di dunia dan termasuk juga pembelajaran tentang PBB.

Sebelum saya menjelaskan apa saja organisasi PBB tersebut, apakah kalian sudah tahu apa sebenarnya PBB itu?

PBB merupakan singkatan dari Perserikatan Bangsa Bangsa. Jadi, PBB adalah organisasi internasional terbesar di dunia yang beranggotakan negara-negara di seluruh dunia, termasuk negara kita sendiri Indonesia.

Ada juga tujuan utama kenapa PBB di bentuk, PBB di bentuk karena untuk mencari solusi dari berbagai masalah yang ada di dunia ini agar bisa bersama-sama di atasi, termasuk masalah ekonomi, keamanan, hak asasi manusia, dan lain sebagainya.

Nah kalian juga harus tahu, beberapa organisasi yang di bawah naungan PBB yang memiliki tujuan dan penjelasannya masing-masing. Saya akan menjelaskan hal tersebut berikut dibawah :

  1. FAO

FAO merupakan singkatan dari Food and Agriculture Organization, yang kita kenal dengan organisasi pangan dan pertanian. Organisasi ini di bentuk pada 16 Oktober 1945, bermarkas di Caracalla, Roma Italia. Organisasi ini memiliki tujuan meningkatkan standar gizi penduduk dunia, dan mengatasi masalah pangan dan pertanian dunia.

FAO memiliki tugas dalam meningkatkan produksi dan mengatasi masalah pangan dan pertanian termasuk proses beserta pendistribusiannya.

Tugas pokok FAO antara lain :

  • Memberikan bantuan dalam pembangunan terhadap negara lain yang membutuhkan agar suatu negara bisa lebih berkembang dan menyusun kebijakan mengenai masalah pertanian dan pangan.
  • Memberikan informasi mengenai perikanan, perhutanan, nutrisi, dan pangan serta memberikan masukan kepada pemerintahan suatu negara.
  1. IAEA

IAEA merupakan singkatan dari International Atomic Energy Agency. yang kita kenal dengan Badan Tenaga Atom International. Organisasi ini di bentuk pada 26 Oktober 11956, bermarkas di Kaerntnerring 11-13 Vienna, Austia. Organisasi ini memiliki tujuan mengembangkan atom untuk tujuan damai.

IAEA memiliki tugas dalam mengawasi penggunaan energi nuklir untuk militer.

  1. ILO

ILO merupakan singkatan dari International Labour Organization, yang kita kenal dengan Organisasi Buruh Internasional. Organisasi ini di bentuk pada 11 April 1919, bermarkas di 154 Rue de Laussane. Organisasi ini memiliki tujuan mengusahakan keadilan sosial ekonomi dan meningkatkan taraf hidup buruh pekerja.

ILO memiliki tugas memberikan solusi dalam mengatasi masalah buruh internasional agar para buruh aman dalam bekerja dan mendapatkan hak atau gaji yang sesuai.

  1. IMF

IMF merupakan singkatan dari International Monetary Fund, yang kita kenal dengan Dana Moneter Internasional.  Organisasi ini di bentuk pada 27 Desember 1945, bermarkas di 19 Th H StS, Waslington D.C 20431.USA. organisasi ini memiliki tujuan meningkatkan kerja sama moneter dan perdagangan internasional.

IMF memiliki tugas untuk membantu mengatur sistem keuangan di seluruh dunia.

  1. UNHCR

UNHCR merupakan singkatan dari United Nations Commisions on Human Rights, yang kita kenal dengan Komisi Persatuan Hak Asasi Manusia. Organisasi ini bertujuan semua masalah yang berkaitan dengan hak asasi akan di bahas dalam forum UNHCR sehingga dapat menemukan solusi dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang damai, adil, dan makmur.

UNHCR memiliki tugas mengatasi masalah hak asasi manusia.

  1. UNICEF

UNICEF merupakan singkatan dari United Nations Chilldren’s Fund, yang kita kenal dengan Dana PBB Untuk Anak-anak. Organisasi ini berdiri pada 11 Desember 1946, organisasi ini bertujuan untuk menolong dan menyantuni anak-anak mengalami penderitaan baik berupa kemiskinan dan keterbelakangan maupun karena bencana alam.

UNICEF memiliki tugas memasukan advokasi dan memajukan hak anak atas pendidikan, perawatan kesehatan, dan nutrisi.

  1. UNIDO

UNIDO merupakan singkatan dari United Nations Indrustrial Development Organization, yang kita kenal dengan Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-bangsa. Organisasi ini di bentuk pada  1 Januari 1967.

Organisasi UNIDO bertujuan membantu merumuskan kebijakan dan program pengembangan industri dgn menyediakan penasehat dan bantuan lainnya.

  1. UNRWA

 

UNRWA merupakan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina, organisasi ini mulai beroperasi pada 1 Mei 1950.

UNRWA didirikan oleh Resolusi Majelis Umum PBB 302 (IV) pada 8 Desember 1949 untuk melaksanakan program bantuan langsung dan bekerja untuk para pengungsi Palestina.

  1. UNWTO

UNWTO ialah Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) dan merupakan badan PBB yang bertanggung jawab atas promosi pariwisata dan dapat diakses secara universal.

Organisasi ini memiliki tujuan mempromosikan pariwisata sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, pengembangan inklusif dan kelestarian lingkungan dalam memajukan pengetahuan dan kebijakan pariwisata di seluruh dunia.

  1. UPU

UPU merupakan singkatan dari Universal Postal Union, yang kita kenal dengan Uni Pos Sedunia. Organisasi ini di bentuk pada 9 Oktober 1974, bermarkas di Case Postale, Bern 15.

Organisasi ini memiliki tujuan mengusahakan persamaan prosedur korespondensi internasional untuk mempercepat pengiriman.

UPU bertugas membantu memastikan jaringan yang benar-benar universal dari produk dan layanan terbaru.

  1. WHO

WHO merupakan singkatan dari World Health Organization, yang kta kenal dengan Organisasi Kesehatan Sedunia. Organisasi ini di bentuk pada 7 April 1948, bermarkas di 20 Avenue Appia, Geneva, Switzerland. Organisasi WHO memiliki tujuan membantu dana negara, meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dunia.

WHO bertugas sebagai melayani masyarakat yang rentan kena penyakit, menjaga kesehatan, dan menjaga keamanan dunia.

  1. WMO

WMO merupakan singkatan dari World Meteorological Organization, yang kita kenal dengan Organisasi Metearologi Sedunia. Organisasi ini di bentuk pada 23 Maret 1950, bermarkas di 41 Avenue Gluseppe Motto, Beneve, Switzerland.

Organisasi WMO memiliki tujuan mempertukarkan laporan cuaca dengan standarisasi internasional.

WMO bertugas sebagai Memfasilitasi kerja sama di seluruh dunia dalam pembentukan jaringan stasiun untuk pembuatan pengamatan meteorologi serta pengamatan hidrologi dan geofisika lainnya, dan membantu mengoordinasikan aspek internasional dari penelitian dan pelatihan tersebut.

  1. ICAO

ICAO merupakan singkatan dari International Civil Aviation Organization, yang kita kenal dengan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Organisasi ini dibentuk pada 4 April 1974, bermarkas di 1080 University st, Montreal 3 Quebec, Canada.

Organisasi ICAO memiliki tujuan mempelajari masalah-masalah dan menyeragamkan peraturan penerbangan internasional.

  1. IFAD

IFAD merupakan singkatan dari Inter Fund For Agricultural Development, yang kita kenal dengan Dana Inter Untuk Pengembangan Pertanian. Organisasi ini di bentuk pada 30 November 1977, bermarkas di Via del Serafico 107.00 142 Roma, Italia.

Organisasi IFAD memiliki tujuan memobilisasi sumber-sumber pertanian untuk meningkatkan produksi dan mutu gizi yang lebih baik, dan sebagai lembaga keuangan internasional pada tahun 1977. Sejak itu, proyek yang didukung IFAD telah mencapai jutaan orang.

  1. ITU

ITU merupakan singkatan dari Internasional Telecommunication Union,yang kita kenal dengan Uni Telekomunikasi Internasional. Organisasi ini di bentuk pada tahun 1965, bermarkas di Place de Nations, Geneva, Swit. Zerland.

Organisasi ITU memiliki tujuan mengembangkan pemerataan dan modernisasi teknik dan telekomunikasi dengan perlengkapan standar.

International Telecommunication Union (ITU) berada di jantung sektor TIK, menjadi perantara perjanjian tentang teknologi, layanan, dan alokasi sumber daya global seperti spektrum frekuensi radio dan posisi orbit satelit, untuk menciptakan sistem komunikasi global yang mulus, kuat, dapat diandalkan, dan terus berkembang.

Jaringan telekomunikasi internasional global adalah prestasi rekayasa terbesar dan tercanggih yang pernah dibuat.

Setiap kali Anda menggunakan ponsel, ponsel cerdas atau komputer tablet, anda setiap kali masuk ke web, mengirim email atau SMS, mendengarkan radio, menonton televisi, memesan sesuatu secara online, dan memesan tiket untuk bepergian dengan pesawat atau kapal dengan ponsel, kumputer dan alat telekomunikasi lainnya.

  1. UNCTAD

UNCTAD merupakan singkatan dari United Nations Conference on Trade And Developmend. Organisasi ini memiliki bertujuan mendukung negara-negara berkembang untuk mengakses manfaat dari ekonomi global yang lebih adil dan efektif.

Dan organisasi ini juga membantu memperlengkapi mereka untuk menghadapi kelemahan potensial dari integrasi ekonomi yang lebih besar.

UNCTAD membantu negara-negara untuk:

  • Memahami opsi untuk mengatasi tantangan pembangunan tingkat makro.
  • Mencapai integrasi yang menguntungkan ke dalam sistem perdagangan internasional.
  • Melindungi konsumen dari penyalahgunaan.
  • Batasi peraturan yang menghambat persaingan.
  1. UNODC

UNOCD ialah singkatan dari United Nations Office on Drugs and Crime, dan merupakan pemimpin global dalam perang melawan narkoba dan kejahatan internasional. Didirikan pada tahun 1997 melalui penggabungan antara Program Pengendalian Narkoba PBB dan Pusat Pencegahan Kejahatan Internasional.

UNODC diberi tugas untuk membantu Negara-negara Anggota dalam perjuangan mereka melawan narkoba, kejahatan dan terorisme.

program kerja UNODC adalah:

  • Proyek kerja sama teknis berbasis lapangan untuk meningkatkan kapasitas Negara-negara untuk menangkal narkoba, kejahatan dan terorisme.
  • Penelitian dan pekerjaan analitis untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang masalah narkoba dan kejahatan.
  • Pekerjaan normatif untuk membantu Negara-negara dalam ratifikasi dan implementasi perjanjian internasional yang relevan, pengembangan legislasi domestik tentang narkoba, kejahatan dan terorisme.
  1. UNDP

UNDP merupakan singkatan dari United Nations Development Programme.

Organisasi ini memiliki tujuan untuk pembangunan berkelanjutan untuk mengakhiri kemiskinan, melindungi planet ini dan memastikan bahwa semua orang menikmati kedamaian dan kemakmuran.

UNDP bekerja untuk memperkuat kerangka kerja baru untuk pembangunan, pengurangan risiko bencana dan perubahan iklim. UNDP mendukung upaya negara-negara untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, atau Tujuan Global.

UNDP telah mengidentifikasi serangkaian pendekatan yang disebut Solusi Tanda Tangan UNDP:

  • Menghindarkan orang dari kemiskinan
  • TATA KELOLA untuk masyarakat yang damai, adil, dan inklusif
  • Pencegahan krisis dan peningkatan RESILIENSI
  • LINGKUNGAN: solusi berbasis alam untuk pembangunan
  • ENERGI Bersih, terjangkau
  • Pemberdayaan perempuan dan kesetaraan GENDER.
  1. UNEP

UNEP merupakan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

UNEP memiliki tujuan untuk memberikan kepemimpinan dan mendorong kemitraan dalam merawat lingkungan dengan menginspirasi, memberikan informasi, dan memungkinkan negara dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tanpa mengurangi kualitas generasi mendatang.

Misi UNEP adalah untuk memberikan kepemimpinan dan mendorong kemitraan dalam merawat lingkungan dengan menginspirasi, memberi informasi, dan memungkinkan negara dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup mereka tanpa mengurangi kualitas generasi mendatang.

UNEP mengkategorikan tugasnya menjadi tujuh bidang tematis yang luas: perubahan iklim, bencana dan konflik, pengelolaan ekosistem, tata kelola lingkungan, bahan kimia dan limbah, efisiensi sumber daya, dan lingkungan yang sedang ditinjau. Dalam semua pekerjaan UNEP, UNEP menjaga komitmen menyeluruh ntuk keberlanjutan.

Tugas UNEP dimungkinkan oleh mitra yang mendanai dan memperjuangkan misi UNEP sendiri. UNEP bergantung pada kontribusi sukarela untuk 95 persen dari penghasilan UNEP sendiri.

  1. UNESCO

UNESCO merupakan singkatan dari United Nations Education Scientific and Cultural Organization, yang kita kenal dengan Organisasi Pendidikan, Pengetahuan, dan kebudayaan PBB. Organisasi ini di bentuk pada 4 November 1946, bermarkas di Unesco House, Place de Fontency Paris 7e, France.

Organisasi UNESCO memiliki tujuan membina kerjasama internasional di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan.

UNESCO mengembangkan alat-alat pendidikan untuk membantu orang hidup sebagai warga global yang bebas dari kebencian dan intoleransi.

UNESCO bekerja sehingga setiap anak dan warga memiliki akses ke pendidikan yang berkualitas. UNESCO membela kebebasan berekspresi, sebagai hak fundamental dan syarat utama bagi demokrasi dan pembangunan. Berfungsi sebagai laboratorium gagasan, UNESCO membantu negara-negara mengadopsi standar internasional dan mengelola program-program yang mendorong arus bebas gagasan dan berbagi pengetahuan.

  1. UNFIP

UNFIP Dana Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kemitraan Internasional (UNFIP) didirikan pada tahun 1998 untuk berfungsi sebagai penghubung antara Yayasan PBB dan sistem PBB.

Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mendorong kemitraan inovatif, kampanye, dan inisiatif untuk mengamankan kehidupan yang lebih baik dan lebih sehat bagi orang-orang di seluruh dunia dengan berfokus pada bidang-bidang di bawah ini:

  • Kesehatan Global
  • Wanita, Gadis dan Populasi
  • Energi dan Iklim
  • Advokasi, Komunikasi dan masalah terkait pembangunan lainnya
  1. UNFPA

UNFPA  adalah badan kesehatan seksual dan reproduksi PBB.

Misi UNFPA adalah untuk memberikan dunia dimana setiap kehamilan di inginkan, setiap persalinan aman dan potensi setiap anak muda terpenuhi.

Dukungan UNFPA:

  • Perawatan kesehatan reproduksi untuk wanita dan pemuda di lebih dari 150 negara – yang merupakan rumah bagi lebih dari 80 persen populasi dunia
  • Kesehatan ibu hamil, terutama 1 juta yang menghadapi komplikasi yang mengancam jiwa setiap bulan
  • Akses yang andal ke kontrasepsi modern yang cukup untuk memberi manfaat bagi 20 juta wanita per tahun
  • Pelatihan ribuan petugas kesehatan untuk membantu memastikan setidaknya 90 persen dari semua persalinan diawasi oleh tenaga terlatih
  • Pencegahan kekerasan berbasis gender, yang mempengaruhi 1 dari 3 wanita
  • Meninggalkan mutilasi alat kelamin wanita, yang membahayakan 3 juta anak perempuan setiap tahun
  • Pencegahan kehamilan remaja, komplikasi yang merupakan penyebab utama kematian untuk anak perempuan berusia 15-19 tahun
  • Upaya untuk mengakhiri pernikahan anak, yang dapat mempengaruhi sekitar 70 juta anak perempuan selama 5 tahun ke depan
  • Pengiriman perlengkapan persalinan yang aman, perlengkapan martabat, dan bahan-bahan lainnya yang menyelamatkan jiwa bagi para penyintas konflik dan bencana alam
  • Sensus, pengumpulan dan analisis data, yang penting untuk perencanaan pembangunan

UNFPA secara resmi bernama Dana Populasi PBB. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1969, pada tahun yang sama Majelis Umum PBB menyatakan “orang tua memiliki hak eksklusif untuk menentukan secara bebas dan bertanggung jawab jumlah dan jarak anak-anak mereka. UNFPA menyerukan realisasi hak-hak reproduksi untuk semua dan mendukung akses ke berbagai layanan kesehatan seksual dan reproduksi – termasuk keluarga berencana sukarela, perawatan kesehatan ibu dan pendidikan seksualitas yang komprehensif.

  1. UN-HABITAT

UN-Habitat memiliki misi dalam mengembangkan kota-kota yang terencana dengan baik, di atur dengan baik, dan efesien.

UN-Habitat telah menetapkan pendekatan strategi jangka menengah untuk setiap periode enam tahun berturut-turut, pendekatan ini memungkinkan respons yang lebih baik terhadap tren perkotaan yang baru muncul, seperti perkembangan demografis, lingkungan, ekonomi, spasial, dan sosial baru.

 

  1. WIPO

WIPO merupakan singkatan dari World Intellectual Property Organization, yang kita kenal dengan Organisasi Hak Cipta Dunia. Organisasi ini di bentuk pada 17 Desember 1947, bermarkas di 34, Chemin des colombittes 121, Janeva, Switzerland.

Organisasi ini bertujuan untuk melindungi hak cipta baik patent (penemuan teknologi) maupun hak cipta (literatur musik, film, dan karya seni lainnya).

Misi WIPO adalah untuk memimpin pengembangan sistem kekayaan intelektual internasional (IP) yang seimbang dan efektif yang memungkinkan inovasi dan kreativitas untuk kepentingan semua

Apa saja tugas WIPO? WIPO membantu pemerintah, bisnis, dan masyarakat mewujudkan manfaat IP. WIPO menyediakan:

  • forum kebijakan untuk membentuk aturan IP internasional yang seimbang untuk dunia yang terus berubah;
  • layanan global untuk melindungi IP lintas batas dan untuk menyelesaikan perselisihan;
  • infrastruktur teknis untuk menghubungkan sistem IP dan berbagi pengetahuan;
  • program kerja sama dan pengembangan kapasitas untuk memungkinkan semua negara menggunakan IP untuk pembangunan ekonomi, sosial dan budaya;
  1. GATT

GATT merupakan singkatan dari General Agreement on Tariffs and Trade, yang kita kenal dengan Persetujuan Umum Tarif dan Perdagangan.

Organisasi ini di bentuk pada 1 Januari 1948, bermarkas di Geneve, Switzerland.

Organisasi GTT memiliki tujuan mengusahakan keseimbangan perdagangan dan harga pasar dunia.

  1. IBRD

IBRD merupakan singkatan dari International Bank for Reconstruction and Development, yang kita kenal dengan Bank Rekontruksi dan pembangunan Internasional.

Organisasi ini di bentuk pada 27 Desember 1945, bermarkas di 1818Hst, Nw, Washington D.C. 20433 USA.

IBRD memiliki tujuan membantu perbaikan ekonomi, memberi pinjaman lunak pada negara-negara yang memerlukannya.

  1. IDA

IDA merupakan singkatan dari International Development Association, yang kita kenal dengan Perhimpunan Pembangunan Internasional.

Organisasi ini di bentuk pada 24 September 1960, bermarkas di Swiss.

IDA memiliki tujuan mengajukan pembangunan ekonomi dunia melalui pinjaman dana dengan syarat ringan.

  1. IFC

IFC merupakan singkatan dari International Finance Corporation, yang kita kenal dengan Koperasi Keuangan Internasional.

Organisasi ini di bentuk pada 20 Juli 1956, bermarkas di 1818 H st, Nw, Washinton, D.C 20433. USA.

Organisasi ini di bentuk bertujuan untuk mendukung dan merangsang pengembangan usaha-usaha swasta negara belum berkembang.

  1. WFP

WFP merupakan singkatan dari World Food Programme, yang kita kenal dengan Program Pangan Dunia.

Organisasi ini adalah cabang bantuan makanan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan organisasi kemanusiaan terbesar di dunia yang menangani kelaparan dan meningkatkan ketahanan pangan.

Organisasi ini bertujuan memberikan bantuan pangan dalam keadaan darurat dan bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan nutrisi dan membangun ketahanan.

  1. IPCC

IPCC merupakan singkatan dari Inter-governmental Panel on Climate Change, yang kita kenal sebagai Dewan iklim PBB. Organisasi ini di bentuk pada pada tahun 1988 oleh dua organisasi PBB, World Meteorological Organization (WMO) dan United Nations Environment Programme (UNEP).

IPCC adalah badan internasional terkemuka untuk penilaian perubahan iklim yang tersusun dari 195 anggota negara yang ada di dunia, serta ribuan ilmuwan pakar internasional secara sukarela menganalisis perubahan iklim di bumi dan menyarankan tindakan penanggulangan. IPCC memiliki misi untuk mengevaluasi resiko dari perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

Organisasi ini juga memilki tujuan memberikan informasi ilmiah kepada pemerintah di semua tingkatan yang dapat mereka gunakan untuk mengembangkan kebijakan iklim.

  1. IMO

IMO merupakan singkatan dari International Maritime Organization atau IMO (dulunya dikenal sebagai Inter-Governmental Maritime Consultative Organization atau IMCO)), didirikan pada tahun 1948 melalui PBB untuk mengkoordinasikan keselamatan maritim internasional dan pelaksanaannya.

IMO memiliki lima komite. Kelima komite ini dibantu oleh beberapa sub-komite teknis.

merupakan badan khusus PBB yang bertanggungjawab untuk keselamatan dan keamanan aktivitas pelayaran dan pencegahan polusi di laut oleh kapal. Secara teknis, IMO memiliki tugas dalam pemutakhiran legislasi yang ada atau untuk mengembangkan dan mengadopsi peraturan baru, melalui pertemuan yang dihadiri oleh ahli maritim dari negara anggota, serta organisasi antar-pemerintah dan non-pemerintah lain seperti BIMCO, CMI, Greenpeace, dan IALA. Hasil dari pertemuan komite dan sub-komite IMO adalah konvensi internasional yang komprehensif yang didukung dengan ratusan rekomendasi yang mengatur berbagai fase dalam bidang pelayaran internasional, yaitu:

  • Kegiatan yang ditujukan bagi pencegahan kecelakaan, termasuk standar rancangan kapal, konstruksi, perlengkapan, kegiatan operasional dan ketenagakerjaan berdasarkan perjanjian internasional, antara lainInternational Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS) tahun 1974 dan 1978; Convention for the Prevention of Pollution from Ships (MARPOL) tahun 1973; dan Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers (STCW) tahun 1978.
  • Kegiatan yang perlu untuk mendata adanya kecelakaan, termasuk mengenai regulasi dalam komunikasi keadaan darurat dan keselamatan, Konvensi SAR Internasional tahun 1979 dan International Convention on Oil Pollution Preparedness, Response and Co-operation (OPRC) tahun 1990.
  • Adanya konvensi-konvensi yang menimbulkan rezim kompensasi dan pertanggungjawaban seperti International Convention on Civil Liability for Oil Pollution Damage (CLC) tahun 1969; Convention establishing the International Fund for Compensation for Oil Pollution Damage (FUNDConvention) tahun 1971; dan Athens Convention covering liability and compensation for passengers at sea (Athens Convention) tahun 1974.

 

 

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *